MEMBENTUK KARAKTER ANAK MELALUI PAUD

PAUD : Membentuk Karakter Anak

Pendidikan anak secara dini ikut mempengaruhi perkembangan karakter anak.

PB - Melalui proses masuk ke lembaga pendidikan, anak Indonesia kurang memperhatikan pendidikan anak usia dini (PAUD). Padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak, pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan. Beruntung, saat ini dibeberapa kota, termasuk di Bogor sudah ada kesadaran akan pentingnya PAUD.

Dari berbagai PAUD yang ada, salah satunya memberikan pola pendidikan yang dijalankan berbentuk "belajar sambil bermain". Sekolah ini secara keseluruhan mengajarkan berbagai tahap pengenalan lingkungan alam, pengenalan huruf dan angka serta membentuk Karakteristik watak anak.

Dalam metode pembelaran PAUD ini, memberikan berbagai pelajaran sebagai titik awal dari pembentukkan SDM berkualitas yang memiliki wawasan, intelektual kepribadian, tanggung jawa, inovatif, kreatif, proaktif dan partisipatif serta semangat mandiri di usia dini. Serta memberikan daya imajinasi, wawasan serta rangsangan  sensotik - motorik otak agar tumbuh dan berkembang dengan baik untuk menempuh ke jenjang pendidikan dasar, "Ibarat jalan masuk menuju pendidikan dasar, PAUD memuluskan jalan masuk pendidikan dasar. Tapi tetap saja, pada hakikatnya anak belajar sambil bermain."

Dalam berbagai kebijakan pendidikan di Indonesia, PAUD sangat jarang diperhatikan. Padahal dalam salah satu ayat pada pasal 28 dikatakan bahwa PAUD dapat diselenggarakan sebelum pendidikan dasar. Sehingga terdapat in-konsistensi dalam jenjang pendidikan anak.

Padahal dititik dari aspek kebutuhan, PAUD sangat penting, terutama saat anak mengalami periode penting (golden age) bagi perkembangannya.

Terima kasih yang telah sudi datang untuk berkunjung ke blog ini dan membaca artikel MEMBENTUK KARAKTER ANAK MELALUI PAUD

Sumber : Info Bogor

1 Response to "MEMBENTUK KARAKTER ANAK MELALUI PAUD"

  1. PAUD sama dengan TK bukan? atau beda, baru dengar soalnya hehe

    BalasHapus