Cara hadapi ruam popok pada bayi

Ruam popok adalah suatu peradangan yang terjadi pada area yang tertutup oleh popok, seperti pada sekitar alat kelamin, pantat dan pangkal paham dalam. Ruam ini biasanya berwarna kemerah-merahan dan disertai dengan lecet-lecet kecil dan gatal. Pada umumnya bayi yang terkena ruam tersebut akan menjadi  rewel saat ketika anda mengganti popoknya. Oleh karena itu anda harus segera menghadapi masalah ruam yang disebabkan oleh pemakaian pada bayi anda.

 

Terdapat banyak sekali hal yang sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghadapi ruam popok pada bayi dan sekaligus untuk merawat kulit bayi anda. Berikut adalah cara untuk menghadapi hal tersebut.

1.    Menjaga kebersihan area popok bayi anda
Ruam yang disebabkan oleh popok sebenarnya adalah ulah dari bakteri yang terkandung dalam air seni dan feses. Bakteri ini juga dapat memperlambat penyembuhan ruam tersebut. Oleh karena anda perlu memperhatikan kebersihan pada area popo tersebut dan harus menjaga agar tetap kering dan bersih agar terhindar dari ruam. Jika bayi anda menggunakan popok berbahan kain maka sering-seringlah mengecek kondisi popok dan selalu ganti jika sudah berisi air seni ataupun kotoran.  Jika anda menggunakan popok sekali pakai maka gantilah popok tersebut 1 jam sekali dan setiap bayi anda buang air besar agar kulit yang telah mengalami iritasi dapat bernapas dan tetap kering. Selain itu pembersihan daerah popok dengan menggunakan sabun khusus bayi Zwitsal dapat membantu dalam mengatasi ruam tersebut. 

2.    Mengganti merk popok yang digunakan pada bayi anda
Penggunaan merk popok juga sangat berpengaruh akan potensi terjadinya ruam pada bayi anda. Pastikan jika anda telah mengawaasi apakah popok yang bayi anda gunakan cocok dengan kulitnya atau tidak.

3.    Kurangi penggunaan popok pada bayi
Gunakan popok pada bayi hanya pada saat malam ketika tidur dan saat bepergian. Tetapi kalau bisa, pastikan bayi anda bermain di lantai yang kering dan bersih tanpa menggunakan popok agar mempercepat penyembuhan iritasi tersebut.

4.    Hindari bedak
Penggunaan bedak bayi sangat tidak dianjurkan jika bayi anda memiliki ruam tersebut.

2 Responses to "Cara hadapi ruam popok pada bayi"